Selasa, 06 Desember 2016

[Praktikum Beton Pekan Ke-2] Kelompok 4 - Perencanaan Campuran Beton - Akhmad Raynaldi

Pada praktikum minggu ke dua, Saya dan teman-teman merangcang komposisi bahan yang akan dipakai untuk pembuatan beton. kelompok Saya mendapat bagian untuk mempuat beton dengan jenis konstruksi dinding dan balok tipe
K-225 dengan nilai slump yang diberikan asisten yaitu sebesar 90mm.

Di ruang kelas, kami melakukan perhitungan terhadap komposisi yang akan digunakan untuk campuran beton. Setelah selesai melakukan perhitungan, kami langsung menuju laboratorium  untuk melakukan pembuatan beton dengan komposisi yang sudah di dapat dari perhitungan.

Di laboratorium, melakukan pengambilan bahan untuk campuran beton. beberapa orang mengambil semen, air, agregat kasar dan agregat halus sesuai dengan komposisi yang di dapat. setelah bahan-bahan sudah terkumpul, Saya dan teman-teman melakukan pengolesan bekisting dengan oil.




Selanjutnya, kami menunggu giliran untuk mencampurkan semua bahan ke dalam mixer.

Satu per satu bahan dimasukkan ke dalam mixer oleh petugas laboratorium. Setelah semua bahan sudah tercampur, beberapa campuran bahan tersebut dituangkan ke dalam tabung kerucut untuk melakukan pengujian nilai slump. Pengujian nilai slump dilakukan dengan cara menuangkan bahan campuran sebanyak 1/3 dari tinggi tabung kerucut, kemudian tumbuk sebanyak 25 kali. Lalu isi lagi tabung kerucut dengan bahan campuran hingga 2/3 dari tinggi tabung kerucut dan tumbuk lagi sebanyak 25 kali. Kemudian lakukan hal yang sama hingga tabung terisi penuh bahan campuran dan tumbuk 25 kali. Terakhir tuangkan lagi bahan campuran dan ratakan permukaannya.

Setelah bahan campuran memenuhi tabung kerucut, angkat tabung kerucut tersebut ukur perbedaan tinggi campuran dengan tinggi tabung kerucut.


Perbedaan tinggi yang didapat mendekati besar nilai slump yang telah di tentukan oleh asisten. maka dari itu, nilai slump telah memenuhi ketentuan.
Sehingga bahan campuran dapat dimasukkan ke dalam bekisting sambil mengaduknya dengan alat pengaduk.


Setelah memasukkan semua bahan campuran ke dalam bekisting, biarkan sampai mengering dan tunggu selama 24 jam. Setelah itu beton dikeluarkan dan dilakukan tahap curing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar